::: SIMAK BERBAGAI INFO SEPUTAR NU KABUPATEN KENDAL DI WEBSITE INI ::: PENYAMPAIAN KRITIK, SARAN, INFORMASI,PENGIRIMAN BERITA, ARTIKEL DAN PEMASANGAN IKLAN, HUBUNGI EMAIL : PCNUKENDAL@GMAIL.COM :::

Peran Fungsi Perpustakaan Sekolah

admin2 Artikel Komentar: 0 Dibaca: 106 Kali

Perpustakaan, menurut UU Nomor 43 Tahun 2007, adalah Institusi pengelola karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2014, Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di sekolah/madrasah. Adapun menurut Standar Nasional Perpustakaan (SNP 008:2011) perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan, dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Dari sini sangat jelas bahwa perpustakaan sekolah berfungsi sebagai pusat sumber belajar  untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Sekolah/madrasah sebagai instansi induk perpustakaan sekolah harus mempunyai peranan penting dalam hal ini. Kepala/pimpinan selaku nahkoda dan pengambil kebijakan sangat harus sadar serta mengetahuinya. Tak tertinggal segenap stakeholder pun harus sadar dan bersama-sama memanfaatkan keberadaan perpustakaan sekolah. Tak lain tujuannya adalah untuk mencapai tujuan pendidikan.

Dalam upaya mencapai tujuan pendidikan, khususnya dengan memerankan fungsi perpustakaan sekolah tidak akan lepas dari sejumlah hal. Hal-hal itu antara lain : a) Kondisi perpustakaan. Kondisi perpustakaan miliki pengaruh penting dalam upaya ini. Kondisi perpustakaan sayogyanya memenuhi standar nasional perpustakaan meliputi standar koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan/pustakawan, penyelenggaraan dan pengelolaan. b) Pembiayaan/pendanaan. Pembiayaan perpustakaan sekolah telah diatur dalam pasal 83 ayat f PP No. 24 Tahun 2014 yaitu sekolah/madrasah mengalokasikan dana minimal 5% dari belanja operasional. Selain itu, dana BOS juga dapat digunakan untuk mendanai perpustakaan sekolah, hal itu dijelaskan dalam petunjuk teknis BOS. Tanpa pembiayaan, perpustakaan tidak akan bisa melaksanakan fungsinya. c) Program kerja dan manajemen. Perpustakaan sekolah harus memiliki program kerja dan manajemen yang baik untuk bisa menjadi pusat sumber belajar dan penunjang tercapainya pendidikan. Program kerja dan manajemen merupakan aktifitas pengelola perpustakaan/pustakawan. Program kerja, manajemen dan pustakawan ini lah yang menunjukkan sejatinya perpustakaan.

Dalam sebuah cita-cita dan upaya hal apapun tak akan luput dari kendala. Namun, kendala, hambatan, dan rintangan akan sangat kecil dan tak berarti jika cara pengupayaannya sesuai dengan petunjuk dan aturan yang ada. Tak ubahnya mewujudkan cita-cita dan upaya perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar. Asalkan semuanya dilakukan sesuai dengan perundang-undangan, peraturan, standar dan petunjuk teknis yang ada, tak hayal sekolah swasta yang kecil sekalipun akan mampu mewujudkannya.

Cita-cita dan upaya tidak akan pernah ada tanpa kemauan dan keinginan. Jadi, dari serangkaian undang-undang dan seterusnya tidak akan pernah ada gunanya tanpa adanya keinginan dan kemauan memerankan fungsi perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar dan pendukung tercapainya tujuan pendidikan. Akhirnya kembali kepada masing-masing dari kita, mau atau tidak?

Oleh : Abdul Rochman – Alumni Diploma Dua Ilmu Perpustakaan UT, Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan UT, Pustakawan MTs NU 01 Cepiring, Anggota ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia), Anggota Komunitas SLiMS (Senayan Library Managemet System) Jawa Tengah, Founder Komunitas #KendalMembaca, Teknisi Otomasi Perpustakaan.


Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *